5 Bahan Alami untuk Mengatasi Penyakit Kudis

5-Bahan-Alami-untuk-Mengatasi-Penyakit-Kudis
Foto dari Canva

Tempat tidur yang jarang dibersihkan sangat berpotensi membuat tungau hadir dan berkembang biak di sana. Apabila Anda tidak rajin membersihkan tempat tidur, sofa ruang tamu atau bagian lain di rumah, maka berisiko mengalami penyakit kudis. Kudis disebabkan oleh infeksi tungau pada kulit yang bisa disembuhkan dengan obat-obatan mengandung permethrin. Meskipun demikian, Anda bisa memakai bahan alami untuk menyembuhkan rasa sakit akibat infeksi tungau ini.

Rekomendasi Bahan Alami yang Mudah Ditemukan di Sekitar

Bila Anda ingin penyakit kudis segera lenyap dengan pengobatan tradisional di rumah saja, maka ketahui rekomendasi bahan alami yang mudah di temukan di rumah berikut :

Read More

1. Minyak pohon teh

Peradangan kulit berupa bintik-bintik merah yang muncul di permukaan kulit tentu membuat Anda merasa kurang nyaman. Untuk mengatasi rasa gatal tersebut, Anda bisa memakai minyak pohon teh yang dioleskan di area tersebut. Dijamin kudis bisa mereda dan Anda bisa kembali beraktivitas tanpa cemas menularkan kudis pada orang lain di rumah.

2. Daun mimba

Ekstrak daun mimba bisa Anda gunakan sebagai obat kudis sebab mengandung antiinflamasi, antibakteri dan analgesik yang bisa meredakan rasa sakit. Tidak hanya bisa menyembuhkan gatal-gatal saja, daun mimba juga dipercaya memiliki khasiat penyembuh untuk masalah cacingan, demam, penyakit gusi, dan lain-lain.

Cara mengolah obat tradisional daun mimba adalah mencampurkan daun mimba dan kunyit, lalu tumbuk menjadi pasta dan oleskan pada bagian yang terkena kudis. Namun, ada baiknya konsultasi dengan dokter bila Anda memiliki riwayat alergi dengan daun mimba.

3. Lidah buaya

Ternyata gel lidah buaya bisa mengatasi permasalahan kulit apa saja, salah satunya menyembuhkan kudis. Anda hanya perlu untuk mengoleskan gel dari potongan lidah buaya pada bagian yang memerah, meradang dan memberikan sensasi rasa gatal. Obat tradisional yang efektif mengatasi rasa gatal karena infeksi tungau, kenapa tidak? Obat herbal murah meriah yang bisa Anda temukan di sekitar rumah saja, lho!

4. Minyak cengkeh

Salah satu bahan tradisional yang bisa mengatasi masalah peradangan karena infeksi tungau adalah minyak cengkeh. Minyak cengkeh mengandung bahan yang bersifat antimikroba, antioksidan dan insecticidal sehingga cocok menjadi obat kudis Anda. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan para ahli, efektivitas minyak cengkeh cukup efektif diterapkan pada kulit manusia.

5. Kunyit

Rekomendasi bahan alami yang ampuh menyembuhkan kudis yang sebabkan gatal-gatal di kulit adalah kunyit. Anda bisa menemukan bubuk kunyit di sekitar atau membeli bahan ini di pasar tradisional. Caranya cukup mengkonsumsi ekstrak kunyit dalam bentuk minuman hangat yang akan menyembuhkan kudis dari dalam. Kandungan antiinflamasi pada kunyit efektif membuat gejala kudis Anda mereda.

Rekomendasi bahan alami di atas bisa Anda coba sendiri di rumah dengan biaya yang terjangkau. Namun, pastikan Anda tidak ada risiko alergi pada bahan tertentu yang bisa memicu peradangan lebih parah. Bila gatal atau kudis yang Anda derita tidak kunjung sembuh setelah pengobatan tradisional, maka segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih serius.

Ada baiknya Anda juga rajin melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit kudis yang gatal dan merah ini. Rajin bersihkan sofa, karpet, tempat tidur, dan area lain dengan memakai mesin vacuum cleaner yang bisa menyedot debu, kotoran dan tungau.

Selain itu, cuci kain, pakaian, selimut, atau karpet Anda memakai air panas untuk membunuh tungau-tungau ini. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sebagai upaya pencegahan terkena kudis dari penularan barang orang lain, rajin cuci tangan dan lain-lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.