Bingung Pilih Mana? Inilah Beda HDD dan SSD sebagai Pedomannya

by admin
Bingung-Pilih-Mana?-Inilah-Beda-HDD-dan-SSD-sebagai-Pedomannya

Pada era perkembangan teknologi saat ini, produk elektronik semakin modern dan canggih. Salah satu komponen penyimpanan juga berkembang dari waktu ke waktu. Saat ini terdapat komponen SSD yang tentunya berbeda dengan HDD. Apa perbedaannya? Jangan bingung, inilah daftar beda HDD dan SSD sebagai panduan Anda dalam memilih mana yang terbaik.

Perbedaan HDD dan SSD

1. Ukuran dan Bentuk

Perbedaan mendasar dari HDD dan SSD adalah dalam hal ukuran dan bentuk. HDD mempunyai dimensi yang lebih besar dibandingkan SSD. Untuk Anda yang ingin mempunyai medis penyimpanan ringkas dengan performa tinggi, SSD bisa jadi solusi tepatnya.

2. Cara Kerja

Dalam hal cara kerja, keduanya juga berbeda. HDD yang selama ini sudah dikenal memang memanfaatkan perpaduan sistem mekanik dan elektrik untuk menunjang performa. Berbeda dengan SSD yang mengarah ke sistem full-elektrik, tanpa ada bagian yang bergerak saat proses pembacaan ataupun penulisan data.

Jika dianalogikan, maka cara kerja SSD ini mirip dengan proses transfer data ke media RAM, microSD, atau USB Flashdisk. Berbeda dengan cara kerja HDD yang menyerupai FloppyDisk atau disket.

3. Kecepatan Membaca dan Menulis Data

Berbicara soal kecepatan membaca dan menulis data, SSD (Solid State Drive) dapat lebih diandalkan. Pasalnya, kecepatannya delapan kali lipat dibandingkan kecepatan baca dan tulis HDD. Sektor kecepatan ini merupakan hal krusial dan dapat menjadi alasan pemakai beralih dari HDD ke SSD, meskipun harus menyisihkan bujet ekstra.

4. Fragmentasi

Apa itu fragmentasi? Istilah ini dipakai untuk menyebut suatu ruang kosong pada media penyimpanan yang ditimbulkan karena penghapusan atau perubahan data. Awalnya, proses pengisian file hard disk memang tersusun rapi dan berurutan secara otomatis, namun penghapusan atau perubahan tersebut mengakibatkan adanya perubahan susunan.

Jika kondisi di atas terus terjadi, lama kelamaan dapat memicu penurunan kinerja HDD. Akan tetapi, hal tersebut tidak pernah terjadi pada SSD karena semua data sudah disimpan di dalam Chip Flash.

5. Keamanan

Dari segi keamanan data, SSD memang lebih aman karena berbasis sirkuit yang tersusun dari beberapa chip memori yang terintegrasi tanpa ada piringan cakram. Karenanya, arsitektur tersebut membuatnya lebih andal dan tahan guncangan. Data menjadi lebih aman karena tidak lagi disimpan dalam lapisan magnetik dengan kecepatan indek pencarian kurang signifikan.

6. Efek yang Ditimbulkan

Efek yang ditimbulkan juga berbeda antara keduanya. SSD bekerja jauh lebih pelan dan tidak membuat laptop cepat panas dikarenakan tidak ada komponen yang bergerak. Berbeda dengan HDD yang terkadang menimbulkan suara berisik dari komponen mekaniknya.

Itulah rangkaian aspek beda HDD dan SSD yang perlu diketahui. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, Anda dapat mempertimbangkan berbagai plus minus dari setiap komponen tersebut. Soal harga, memang HDD lebih terjangkau dari SSD karena dihitung dari segi kualitas dan strukturnya. Harga SSD sebesar 250GB bisa saja setara dengan harga HDD sebesar 1TB.

Related Posts

Leave a Comment