Kenali 7 Hal yang Mempengaruhi Perkembangan Perut Ibu Hamil

Kenali-7-Hal-yang-Mempengaruhi-Perkembangan-Perut-Ibu-Hamil
Foto dari Canva

Kehamilan merupakan anugerah terindah yang diberikan Sang Maha Pencipta untuk para wanita di dunia. Anda yang tengah menikmati kehamilan wajib memperhatikan asupan makanan yang kaya nutrisi. Pastikan memilih jenis makanan yang bisa memberikan manfaat kesehatan untuk janin yang dikandung, ya! Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kehamilan per trimester, termasuk ketahui penyebab perkembangan perut ibu hamil berbeda.

Perkembangan Perut Ibu Hamil

Setiap orang mengalami pertumbuhan dan perkembangan bayi yang berbeda sehingga bentuk perut juga bakal berbeda. Ya, ada kondisi perut ibu hamil yang tampak lebih besar dan ada pula yang tampak lebih kecil. Kenapa terjadi seperti itu? Yuk, simak beberapa penyebab perkembangan perut ibu hamil tampak berbeda dilansir dari Alodokter.com berikut!

Read More

1. Postur tubuh

Pada orang yang memiliki postur tubuh lebih tinggi, maka perut terlihat lebih menonjol ke bagian depan yang berbeda dengan si pemilik tubuh pendek. Orang pendek akan memiliki bentuk kehamilan yang melebar ke samping, kemudian kondisi tubuh yang kurus akan membuat kehamilan tampak lebih besar. Jadi, Anda tidak perlu panik bila kondisi perut tampak lebih besar atau kecil selama pertumbuhan dan perkembangan janin tidak terganggu.

2. Kenaikan berat badan

Ada beberapa kasus, wanita yang tampak kurus saat hamil karena tidak mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Biasanya hanya janin yang dikandung mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang tidak berdampak pada kenaikan berat belasan kilogram. Berbeda dengan beberapa ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan cukup tinggi, tapi bukan berarti bayi di dalam perut juga tumbuh begitu besar.

3. Kekuatan otot perut

Penyebab perkembangan perut ibu hamil tampak berbeda karena kekuatan otot perut yang bervariasi. Bila otot perut kencang dan kuat, maka kehamilan tidak akan tampak menonjol, kecuali saat kandungan Anda sudah semakin berumur.

4. Kehamilan pertama

Pada wanita yang hamil pertama kali, maka kehamilan tampak lebih kecil daripada kehamilan kedua dan seterusnya. Hal ini disebabkan kondisi otot perut Anda sudah meregang dan lemah yang berbeda dengan kehamilan pertama kali.

5. Jumlah bayi dan posisi kandungan

Jelas ibu hamil bayi kembar akan tampak lebih besar dibandingkan ibu yang hamil bayi tunggal. Selain itu, posisi kandungan yang melintang membuat perut ibu hamil tampak lebih besar dibandingkan posisi normal.

6. Ukuran janin

Bila janin tumbuh terlalu besar karena faktor nutrisi yang dikonsumsi berlebihan sejak dalam kandungan, maka kondisi kehamilan tampak lebih besar dibandingkan bayi dengan ukuran rata-rata. Riwayat keluarga yang hamil dengan bentuk perut lebih besar atau kecil juga mempengaruhi bentuk kehamilan Anda, lho!

7. Kasus preeclampsia

Gangguan pada plasenta atau preeclampsia bisa menyebabkan kondisi kehamilan tampak lebih kecil, sedangkan cairan ketuban yang terlalu banyak bisa menyebabkan perut ibu hamil tampak lebih besar. Ada baiknya ibu hamil rajin memeriksakan kandungan ke dokter atau bidan untuk mengetahui risiko kelahiran yang mungkin terjadi. Pada ibu hamil yang kekurangan cairan ketuban, maka kondisi kehamilan tampak lebih kecil, lho!

Ada mitos yang berkembang bahwa bentuk perut ibu hamil bisa menjelaskan jenis kelamin si jabang bayi dalam kandungan. Tentu mitos ini tidak benar sebab setiap wanita memiliki penyebab perkembangan perut ibu hamil yang berbeda dari daftar di atas. Bila ada perkembangan atau perubahan pada perut yang tampak berbeda dan menyebabkan rasa tidak nyaman, Anda harus segera konsultasi dan melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.