Makanan Yang Dapat Mencegah Kanker Payudara

by tari deras

Pertama, info buruknya: tak ada makanan yang ternyata cakap mencegah atau menyembuhkan kanker apa saja, termasuk kanker payudara.

Informasi pantasnya ialah: ada banyak makanan yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan yang juga berimbas mengurangi resiko terkena kanker, termasuk kanker payudara.

Kelebihan berat badan ialah salah satu unsur utama kanker payudara. Maka, makan secara sehat dan menjaga berat badan ialah langkah permulaan terbaik untuk meminimalkan resiko Anda terkena kanker payudara, ujar Alexandra Rothwell, RD, CDN, seorang ahli gizi onkologi.

Inflamasi juga dihubungkan dengan kanker payudara dan kelebihan berat badan. Itulah kenapa Rothwell memberi rekomendasi untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menolong menjaga kadar gula darah dan inflamasi. Dan berikut daftar makanan hal yang demikian :

1. Minyak Zaitun

Kecuali seluruh manfaat kesehatan yang telah dihubungkan dengan minyak zaitun, lemak sehatnya juga berkhasiat untuk mengurangi resiko kanker payudara.

Sebuah studi yang dikerjakan pada September 2015 menemukan, menambahkan empat sendok makan minyak extra virgin olive oil pada menu makan yang penuh dengan sayur dan buah-buahan dapat menurunkan resiko kanker payudara sampai 68 persen.

2. Ikan

Salmon, sarden dan makarel ialah ikan yang direkomendasikan oleh Rothwell untuk ditambahkan pada menu diet Anda sebab ketiga ikan ini ialah sumber yang betul-betul bagus akan asam lemak omega-3.

Kita tahu bahwa omega-3 bisa menolong mengurangi inflamasi pada tubuh, ujarnya. Anda juga dapat mengonsumsi walnut dan biji-bijian kalau mencari sumber kecuali ikan.

Sama seperti minyak zaitun, mengkonsumsi omega-3 lebih banyak juga dihubungkan dengan mengurangi kepadatan payudara, berdasarkan studi pada 2014 mengenai penyebab kanker dan metode mengaturnya.

3. Buah dan Sayuran

Bersukacitalah kepada kehebatan tanaman! Berkali-kali, banyak penelitian yang menemukan bahwa diet berbasis tumbuhan dikaitkan dengan penurunan resiko kanker payudara.

Dan ada sebagian alasannya: Kian banyak kandunugan antioksidan pada menu diet, kian rendah resiko kanker payudara, berdasarkan sebuah studi pada 2015.

Dan juga, kandungan serat pada buah dan sayur dapat memberikan profit tambahan untuk kian memperkecil resiko, seperti yang dilaporkan pada makalah dalam European Journal of Nutrition pada tahun 2011.

Secara khusus, Rothwell menganjurkan untuk mengkonsumsi sayur silangan (brokoli, kubis, dan kembang kol), bawang bombay, leek, dan bawang putih, serta jamur dari Asia (shiitake, Chinese black, dan oyster).

Untuk buah-buahan, ujarnya, cobalah untuk mengkonsumsi buah-buahan yang rendah gula seperti, pelbagai tipe kasih. Batasi buah yang tinggi akan gula, seperti pisang, nanas, dan mangga, sehingga Anda dapat menjaga kadar gula darah pada tingkat normal.

4. Kedelai

Mungkin Anda berdaya upaya bahwa kedelai dihubungkan dengan peningkatan resiko kanker payudara. Sebelum pikiran Anda kemana-mana, iya, memang kedelai mempunyai senyawa serupa dengan estrogen, dan estrogen sudah dihubungkan dengan sebagian ragam kanker. Melainkan, makanan berbasis kedelai tak menyebabkan kanker payudara.

Malahan, pelbagai studi sudah mengkaitkan kedelai dengan pengurangan resiko kanker payudara.

Bagaimanapun, memang ada pengecualian: kalau Anda pembawa gen mutasi BRCA2, kedelai dapat meningkatkan resiko Anda. Berdasarkan penelitian yang dikerjakan pada 2013 dan dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrition, produk kedelai mengurangi resiko kanker pada mereka pembawa resiko-selain mereka yang membawa mutasi BRCA2.

Rothwell sepakat bahwa, secara awam, Anda dapat merasakan kedelai sebagai komponen dari gaya hidup sehat tanpa cemas akan risiko kena kanker payudara yang membesar.

Related Posts

Leave a Comment