Mengenal Ragam Manfaat Pemakaian e Bupot bagi Wajib Pajak

  • Whatsapp
Mengenal-Ragam-Manfaat-Pemakaian-e-Bupot-bagi-Wajib-Pajak
Foto dari Canva

Proses pendataan pajak saat ini berjalan semakin mudah dan praktis. Wajib pajak bisa dengan mudah melakukan perekaman data pajak dan mengumpulkannya. Tentunya hal ini bisa terwujud berkat kemajuan teknologi yang ada saat ini. Mulai dari proses pengisian pajak melalui e-filing yang sangat praktis hingga penggunaan e Bupot yang begitu mempermudah.

Manfaat Penggunaan

Fitur pendataan bupot atau bukti potong secara digital memang menjadi sorotan di kalangan wajib pajak. Fasilitas ini akan mempermudah pembuatan bukti pemotongan dan pelaporan SPT dalam bentuk digital atau elektronik. Bukti pemotongan pun tak perlu lagi dibuat secara konvensional dengan datang ke KPP. Berikut adalah ragam manfaat yang bisa dinikmati karena penggunaan fitur ini:

Read More

1. Lebih Hemat Waktu

Pembuatan bukti potong pajak ini memang seringkali akan menguras waktu. Sebenarnya semua jenis pengurusan masalah pajak memang akan menghabiskan banyak waktu. Apalagi jika tidak ada pengalaman berurusan dengan pajak sebelumnya. Namun berkat hadirnya fasilitas ini hal tersebut jadi jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Kini para wajib pajak tak harus repot mengantre di KPP untuk mendapatkan bukti pemotongan pajak. Pemotongan pajak dapat dilakukan melalui aplikasi. Meskipun dijalankan secara digital lewat aplikasi, pemotongan pajak tetap harus dijalankan sesuai dengan aturan atau ketentuan yang berlaku.

2. Lebih Fleksibel

Pembuatan bukti potong pajak secara elektronik jelas akan berjalan lebih fleksibel dibandingkan metode konvensional. Dengan sistem yang berbasis digital, maka pembuatan bukti potong pajak akan memungkinkan untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tak perlu lagi menghabiskan waktu untuk berkunjung ke KPP demi mengurus masalah pemotongan pajak.

Karena proses pengurusan potongan pajak ini fleksibel, maka wajib pajak bisa menghindari keterlambatan. Banyak sekali kejadian dimana wajib pajak terlambat mengurus pajak atau membuat pelaporan bukti potong pajak. Karena sudah ada fasilitas yang bisa diakses online maka keterlambatan ini bisa diminimalkan.

3. Bisa Berjalan Real Time

Di tengah pesatnya kemajuan teknologi saat ini, segalanya dituntut berjalan cepat dan akurat. Termasuk soal urusan pelaporan pajak. Pembuatan laporan bukti potong pajak akan jauh lebih efektif jika dilakukan melalui fitur e Bupot. Fitur ini memungkinkan proses pelaporan berjalan mudah dan bisa berjalan real time, artinya saat itu juga.

Jika dilakukan secara real time, maka proses pelaporan ini akan berjalan lebih akurat. Akurasi kebenaran data bisa dipertanggungjawabkan secara optimal. Wajib pajak pun tak perlu merasa kesulitan lagi untuk membuat bukti lapor yang tepat. Semuanya bisa berjalan mudah dan real time lewat sistem elektronik yang berjalan otomatis.

4. Keamanan Data Terjamin

Manfaat lain yang bisa dirasakan lewat fitur ini adalah adanya jaminan keamanan data. Bukti potong pajak yang sudah dibuat dan diterbitkan nanti akan tersimpan secara aman oleh sistem yang digunakan. Wajib pajak pun tidak perlu merasa khawatir jika bukti potong yang sudah dibuat hilang atau mungkin disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Salah satu kelebihan penggunaan sistem digital dalam pengelolaan dokumen adalah keamanannya akan jauh lebih terjamin. Lain halnya dengan pengelolaan data oleh manusia. Mungkin akan ada keteledoran atau kekeliruan yang membuat risiko kerusakan dokumen bertambah tinggi.

5. Lebih Ramah Lingkungan

Semakin berkembangnya zaman, sampah semakin menumpuk termasuk sampah dokumen. Jika dokumen fisik terus digunakan maka sampah dokumen akan semakin banyak dan bertambah sulit untuk diatasi. Pemakaian sistem bukti potong elektronik akan mengurangi sampah dokumen tersebut. Data dan dokumen akan hadir dalam bentuk digital sehingga tak ada lagi penumpukan sampah kertas.

Jika dilihat di zaman pandemi seperti sekarang, sistem elektronik tentu akan jauh lebih menguntungkan. Manfaat yang didapatkan akan jauh lebih terasa. Risiko penularan COVID-19 bisa jauh lebih rendah karena tak perlu lagi datang langsung ke KPP untuk mengurus bukti potong pajak.

Itulah ragam manfaat penerapan sistem e Bupot dalam dunia perpajakan. Tentunya data bukti potong ini akan memberikan banyak manfaat dan kemajuan bagi negara. Bagi para wajib pajak, silakan manfaatkan fasilitas ini dengan sebaik mungkin agar proses pengurusan pajak tidak pernah menemui kendala dan bisa berjalan lancar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *