Pelihara AC Mobil dengan Menerapkan 3 Hal Penting Berikut

  • Whatsapp
Pelihara-AC-Mobil-dengan-Menerapkan-3-Hal-Penting-Berikut
Foto dari Canva Pro

Mobil terdiri atas beberapa komponen di dalamnya. Mesin, bodi, kabin, dan tentu saja tak boleh melupakan AC mobil. Setiap bagian perlu dipelihara agar performa mobil tetap terjaga dengan baik. Contohnya dengan melakukan service AC mobil secara teratur.

Di Indonesia AC mobil memiliki peran penting untuk membuat suasana kabin menjadi adem dan nyaman. Oleh sebab itu, ketika bagian ini bermasalah imbasnya sangat terasa. Bahkan bisa membuat Anda merasa tidak nyaman ketika berada di dalam mobil.

Read More

Memelihara AC Mobil

AC mobil tentunya perlu dirawat dengan baik. Dalam perawatan dan pemeliharaan komponen ini diperlukan perhatian khusus. Berikut 3 hal penting dalam pemeliharaan AC mobil:

1. Perhatikan Aturan Nyala dan Mati AC Mobil

Pada dasarnya, AC mobil memiliki banyak komponen-komponen penting seperti kompresor, kondensor, dan evaporator yang rentan mengalami kerusakan. Untuk menjaga keawetan komponen-komponen tersebut Anda harus memperhatikan aturan menyalakan dan mematikan AC mobil.

Contohnya, ketika mesin mobil dimatikan sebaiknya AC juga dinonaktifkan, hal ini untuk mencegah rusaknya komponen-komponen penting AC karena saat menyalakan mesin mobil di saat kondisi AC sudah menyala lebih dulu, maka daya ke magnet kompresor lebih besar. Selain bisa merusak AC, juga akan menyebabkan aki dan alternator mobil cepat rusak.

2. Waktu Membersihkan AC Mobil

Sebagai salah satu komponen dalam mobil yang memiliki peranan penting, service AC mobil harus selalu diperhatikan. Terutama untuk menjaga performa AC agar bisa digunakan dalam jangka waktu lama untuk menyejukkan kabin kendaraan. Apabila diabaikan, maka akan menurunkan kinerja AC dan membuat sparepartnya harus sering diganti.

Dalam membersihkan AC mobil Anda harus memperhatikan waktunya. Misalnya setiap 10 ribu km harus melakukan pembersihan atau servis kecil, sedangkan setelah 20 ribu hingga 40 ribu km dilakukan servis besar. Selain itu, untuk komponen seperti evaporator harus dibersihkan setidaknya setelah 8 bulan penggunaan dan filter kabin diganti setiap 6 bulan.

3. Pembersihan Komponen Penting dalam AC Mobil

Untuk menjaga agar AC tetap bisa memberikan kesejukan pada kabin mobil Anda, bukan hanya waktu pembersihannya yang perlu diperhatikan dengan baik, tapi juga cara membersihkan komponennya.

Ada 3 komponen yang perlu diperhatikan saat pembersihannya, yaitu kompresor, kondensor, dan evaporator. Untuk membersihkan kompresor Anda harus membersihkan kabin mobil secara teratur agar tidak ada debu menumpuk. Hal ini agar kerja kompresor tidak berat.

Untuk membersihkan kondensor perlu penyemprotan air pada bagiannya dan harus dilakukan hati-hati sedangkan evaporator juga perlu pembersihan khusus karena bagian ini rentan kotor atau tertutup lumpur. Sangat disarankan membersihkan kedua komponen ini menggunakan jasa bengkel atau spesialis AC mobil.

Melakukan perawatan akan membuat AC mobil menjadi lebih awet dan masa pemakaiannya lebih lama. Apabila Anda tak bisa melakukan perawatan sendiri, memanggil jasa service AC mobil bisa dijadikan alternatif dalam menjaga performanya. Pilih bengkel atau spesialis AC mobil yang sudah terpercaya dan handal sehingga mendapatkan hasil terbaik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *