Penyakit Penyakit Yang Datang Saat Terjadi Banjir

by tari deras

Jakarta kembali kebanjiran. Luapan air ke jalan dan terkontak dengan warga wajib diwaspadai sebagai salah satu sumber penyakit. Ada sebagian penyakit yang dapat disebabkan oleh banjir.

1. Penyakit yang ditularkan via air

Penyakit-penyakit ini seperti demam tifoid, kolera, leptospirosis dan hepatitis A. Penyakit semacam ini mempunyai risiko yang rendah selain terjadi perpindahan air yang besar dan signifikan.

Kecuali itu, ada peningkatan risiko infeksi penyakit dampak air dekil via kontak seketika dengan air yang tercemar. Hal ini seperti infeksi luka, dermatitis, konjungtivitis, infeksi alat pendengaran, hidung, dan tenggorokan. Tetapi, penyakit seperti ini tak akan meluas

2. Penyakit yang dibawa perantara

Dampak meluasnya perantara dan perluasan habitat perantara penyakit seperti nyamuk, orang yang terdampak musibah banjir dan para pekerja sosial dapat terkena penyakit seperti demam berdarah, malaria, dan virus West Nile

Risiko ini meningkat seiring dengan perubahan perilaku manusia seperti keterpaparan dengan nyamuk ketika tidur di luar, jeda waktu dalam kegiatan pengontrolan penyakit, atau kepadatan penduduk yang berlebihan.

Kecuali itu, perubahan habitat yang menunjang nyamuk berkembang biak antara lain, tanah longsor dan penggundulan hutan

3. Risiko sebab jenazah

Pekerja yang rutin menangani mayat mempunyai risiko tertulat tuberkulosis, virus yang menyerang darah seperti hepatitis B, C, dan HIV dan juga infeksi yang menyerang saluran pencernaan.

Pekerja lazim dan pekerja darurat wajib diberitahu mengenai bagaimana metode yang ideal dalam menangani mayat.

4. Risiko-risiko lain

Karam, cedera, stress berat termasuk yang ada di dalam risiko dampak banjir. Hipotermia mungkin juga dapat terjadi secara khusus pada buah hati-buah hati yang terjebak banjir untuk waktu yang lama. Kecuali itu ada juga peningkatan risiko infeksi saluran pernafasan.

Pemadaman listrik dampak banjir dapat mengganggu pengolahan air dan suplai tanaman dan meningkatkan risiko penyakit seperti yang ditularkan via air.

Related Posts

Leave a Comment