Sama-Sama Unggul, Inilah Perbedaan Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro

  • Whatsapp
Sama-Sama-Unggul-Inilah-Perbedaan-Redmi-Note-8-dan-Redmi-Note-8-Pro
Foto dari mi.com

Xiaomi tidak berhenti mengeluarkan smartphone seri terbaiknya. Pada Agustus 2019 lalu, pabrikan smartphone dari Tiongkok ini mengeluarkan dua seri smartphone, yaitu Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro. Dua smartphone ini tidak hanya berbeda dari namanya saja, tapi juga beberapa spesifikasi yang dimilikinya.

Redmi Note 8 Vs Redmi Note 8 Pro

Untuk Anda yang sedang mencari tahu perbedaan dari Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, berikut ini adalah beberapa perbedaan dari kedua smartphone ini.

Read More

1. Desain bodi

Dari segi tampilan, keduanya sudah bisa dibedakan meskipun mengusung desain yang cukup mirip. Redmi Note 8 memiliki bodi yang terbuat dari material plastik dengan dimensi 158.3×75.3×8.4 mm dan bobot 190 gram.  Sedangkan untuk Note 8 Pro, material yang digunakan terbuat dari Corning Gorilla Glass 5 dengan dimensi 161.3×76.4×8.8 mm dan bobot 199 gram.

Yang paling mencolok adalah perbedaan letak kamera belakang. Kamera Redmi Note 8 berada di bagian kiri atas sedangkan kamera Redmi Note 8 pro berada di bagian tengah atas.

2. Spesifikasi layar

Redmi Note 8 dibekali dengan layar berukuran 6.3 inci dengan tingkat kerapatan 409 ppi. Untuk Redmi Note 8 Pro dibekali dengan layar yang telah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 dan memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu 6.53 inci dan tingkat kerapatan layar 395 ppi. Tipe layar yang digunakan keduanya sama, yaitu layar IPS LCD dengan resolusi 1080×2340 pixel.

3. Dapur pacu

Pada sektor dapur pacu, kedua smartphone Xiaomi ini dibekali dengan chipset yang berbeda. Redmi Note 8 dibekali dengan chipset dari Qualcomm Snapdragon 665 dengan fabrikasi 11 nm. Chipset ini didukung dengan prosesor octa-core Adreno 610 berkecepatan hingga 2.0 GHz dan pilihan RAM 6GB serta memori internal hingga 128 GB.

Sedangkan untuk yang seri Pro, chipset yang digunakan adalah Mediatek Helio G90T. Didukung juga dengan prosesor octa-core dan pengolah grafis Mali-G76MC4. Ada 3 pilihan memori yang bisa Anda pilih, yaitu 6/64GB, 6/128GB, dan 8/128GB.

4. Resolusi kamera

Kedua smartphone ini memiliki empat kamera belakang dan satu kamera depan. Keduanya sudah mendukung LSD Flash, HDR, Panorama, fitur gyro-EIS dan rekaman video resolusi 4K. Meskipun pada beberapa hal kamera keduanya memiliki kesamaan, masih ada perbedaan pada sisi kamera dari kedua smartphone ini.

Redmi Note 8 memiliki kamera utama 48MP f/1.8 dan dukungan PDAF, 8MP f/2.2 focal length 13mm, 2MP f/2.4, dan kamera untuk efek bokeh. Redmi Note 8 Pro memiliki resolusi kamera yang hampir serupa. Bedanya pada kamera utama, yaitu memiliki resolusi 64MP  f/1.8.

Kamera depan juga memiliki perbedaan. Redmi Note 8 memiliki resolusi kamera depan 13 MP f/2.0 sedangkan untuk seri Pro memiliki resolusi kamera depan 20MP f/2.0.

5. Baterai dan NFC

Kapasitas baterai Redmi Note 8 Pro lebih besar daripada yang seri biasa, yaitu 4.500 mAh dengan fitur fast charging 18W Quick Charge 4+. Sedangkan untuk seri Redmi Note 8, kapasitas baterainya hanya 4.000 mAh dengan fitur fast charging 18W.

Untuk Anda yang ingin memiliki smartphone dengan fitur NFC, Anda sebaiknya memilih Redmi Note 8 Pro karena fitur ini tidak tersedia di smartphone Redmi Note 8.

Nah, itulah perbedaan dua smartphone dari pabrikan Xiaomi yaitu Redmi Note 8 dan Note 8 Pro. Keduanya memiliki spesifikasi yang sama-sama menarik dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Harganya pun tidak jauh berbeda dan yang paling penting adalah keduanya ramah di kantong.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *