Tips Menggunakan Layanan Jasa Pengiriman Baru untuk Usaha Anda

  • Whatsapp
Tips-Menggunakan-Layanan-Jasa-Pengiriman-Baru-untuk-Usaha-Anda
Foto dari Canva Pro

Jasa kirim barang sudah menjadi bagian penting dalam perkembangan dunia penjualan saat ini. Sebab sebagian besar penjualan sudah dilakukan secara online. Anda bisa memesan berbagai barang dari suatu daerah tanpa perlu mendatangi daerah tersebut.

Ada banyak sekali jasa pengiriman di Indonesia dan jumlahnya terus bertambah. Banyak orang lebih memilih jasa pengiriman yang sudah memiliki nama, tapi tak sedikit juga mempercayakan paket mereka ke jasa pengiriman baru. Kalau Anda pilih yang mana?

Read More

Menggunakan Layanan Jasa Pengiriman Baru

Sebenarnya, memilih layanan jasa pengiriman baru tak menjadi soal asalkan bisa dipercaya. Akan menjadi masalah apabila jasa pengiriman yang baru berdiri ini tak bisa menjaga keamanan barang Anda. Agar bisa menggunakan jasa pengiriman baru tanpa keraguan, berikut beberapa tipsnya untuk Anda:

1. Datangi Langsung Kantor Jasa Pengiriman

Ketika hendak menggunakan layanan jasa pengiriman yang belum punya “nama besar” alias masih baru di bisnis ekspedisi, sangat dianjurkan agar Anda mendatangi kantor jasa pengiriman tersebut. Hal ini untuk memastikan bahwa jasa pengiriman tersebut memang benar-benar ada bukan usaha fiktif.

Apalagi jika Anda bertujuan untuk menggunakan jasanya lama jangka panjang dan berkelanjutan. Sebaiknya jangan hanya mengandalkan hubungan online, tapi datangi langsung. Dengan demikian, keraguan akan sirna dari diri Anda.

2. Buat Kontrak Kerja sama

Sebagai pelaku usaha jual beli online, bekerja sama dengan jasa kirim barang memang menjadi hal yang harus dilakukan. Ketika Anda memilih bekerja sama dengan perusahaan yang masih baru tentu akan ada perasaan was-was. Agar tenang dan nyaman ketika berbisnis, sebaiknya membuat kontrak kerja tertulis.

Kontrak kerja ini akan menjamin hak dan kewajiban dari semua pihak yang terlibat sehingga tidak merugikan satu sama lain. Buat kontrak kerja yang ditandatangani di atas materai dan disaksikan oleh notaris.

3. Adakan Masa Uji Coba

Ketika memilih bekerjasama dengan orang baru memberikan masa uji coba adalah tindakan bijaksana. Hal ini juga berlaku ketika Anda melakukan kerja sama dengan jasa pengiriman yang masih baru. Berikan masa uji coba setidaknya 3 bulan untuk melihat kinerja jasa pengiriman tersebut.

Setelah masa uji coba berlalu, lakukan evaluasi dan lihat hasil yang didapatkan. Apabila kinerjanya bagus dapat dilanjutkan dengan kontrak permanen. Namun, apabila sebaliknya, Anda bisa mencari jasa pengiriman yang lain.

4. Pantau Paket yang Dikirim

Memantau kinerja dari jasa pengiriman baru dapat dilihat dengan cara memantau paket yang Anda kirimkan. Lihat seberapa cepat paket dikirimkan, apakah sesuai dengan layanan yang dijanjikan atau tidak. Pastikan juga jasa pengiriman tersebut memiliki tracking online sehingga mudah dilacak.

Menggunakan jasa kirim barang yang baru sebenarnya sama saja dengan memilih ekspedisi yang sudah punya nama. Anda perlu memperhatikan beberapa hal sehingga bisa benar-benar yakin dalam menggunakan jasa layanan pengiriman tersebut. Utamanya cek apakah jasa pengiriman tersebut benar ada atau tidak, lakukan uji coba, dan buatlah kontrak kerja sehingga tidak kecewa dengan kinerja yang diberikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *